Kamis, 03 Februari 2011

Memahami Dasar-dasar Sistem Jaringan dan Ukuran Kecepatan di Internet/Intranet

A. Awal Mula Sistem Jaringan

  Konsep dasar sistem jaringan internet dan intranet dimulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan "Jaringan" untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak atau file yang dilakukan oleh kurir. Supaya dapat bergerak dengan cepat dan sehat, para karyawan yang bertugas sebagai kurir diberi fasilitas untuk menggunakan sepatu merek Adidas yang dikenal sangat berkualitas untuk menjaga kesehatan kakinya.


   Adidas Network hanya mengandalkan kemampuan manusia, sehingga tidak dapat menjamin keteraturan aliran data dan informasi ke pihak yang membutuhkan. Apalagi jika area perusahaan tersebut sangat luas dan sangat banyak staf yang mengelolanya. Kemampuan kurir sangat terbatas pada kecepatan untuk bergerak, kesehatan tubuh, kecermatan, ketelitian, kejujuran, dan faktor-faktor lainnya.

  Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuatlah sistem jaringan yang memiliki fungsi seperti para kurir. Sistem jaringan dapat menjamin kualitas pengiriman data atau informasi. Bila pengiriman dilakukan oleh kurir dapat timbul banyak masalah, seperti hilangnya disket dalam perjalanan atau keterlambatan. Jaringan komputer dibuat untuk mengurangi atau menghindari kelemahan-kelemahan tersebut, Sehingga data atau informasi dapat dikirimkan dengan aman.

 B. Jenis Jaringan Komputer
       Jaringan komputer dapat digolongkan dalam 5 kelompok,yaitu :
1. Jaringan Komputer lokal (Local Area Network-LAN)
2. Inter-Jaringan (Interconnection Network)
3. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network- MAN)
4. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network-WAN)
5. Dan Internet

1.Jaringan Komputer Lokal dan Inter-Jaringan
   Jaringan lokal dapat dibangun untuk menghubungkan komputer yang jumlahnya sedikit. Satu buah komputer pusat pada sebuah jaringan lokal memiliki kemampuan untuk melayani hingga 256 buah terminal. Bila di suatu lembaga telah tersedia satu buah komputer pusat, maka dapat dibangun jaringan komputer dalam beberapa ruang. Jaringan lokal memiliki fungsi sendiri-sendiri, namun tetap dapat dihubungkan satu sama lain. Hubungan antarjaringan lokal itu sering disebut dengan istilah inter-jaringan.

   Jaringan komputer lokal itu juga dapat menjadi sarana komunikasi dalam bentuk saling bertukar pesan (chatting) dan saling berkirim e-mail. Syaratnya, dalam sistem jaringan lokal harus dioprasikan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP dan HyperText Transfer Protocol (HTTP). Jaringan semacam ini biasa disebut dengan intranet. Intranet hanya dapat digunakan oleh orang dan satu lembaga.












                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar